Facebook adalah kerajaan sosial, dan hal itu menjadi sangat jelas – kami mengalami kesuksesan terbesar dalam jejaring sosial, perubahan permainan untuk media sosial. Saat ini, hampir tidak ada yang bisa membayangkan hidup mereka – baik pribadi dan profesional – tanpa Facebook di dalamnya. Meskipun Facebook dapat dikemabngkan dan cukup sukses, masih ada ruang untuk perbaikan. Dan Facebook membuat sebagian besar dari itu dengan konsisten menerapkan perubahan baru untuk merilis pembaharuan.

Alasan apa yang membuat Facebook terus berubah?

  • Mereka dapat merasakan kompetisi di belakang mereka – terutama Snapchat, yang coba mereka beli pada 2013 (dan sekarang mereka ingin mengalahkannya dengan beberapa perubahan yang akan Anda temukan di bawah ini)!
  • Segala sesuatu di sekitar mereka berkembang, sehingga mereka tidak dapat bergantung pada ‘status quo’ sepanjang waktu.
  • Platform media sosial ini tidak berhenti tumbuh – mereka masih mendapatkan lebih banyak pengguna aktif setiap bulannya.
  • Para pengguna terus menuntut dan selalu mengharapkan lebih.
  • Mereka perlu mengurus bisnis di Facebook, sehingga perubahan yang dibuat untuk kepentingan iklan, penargetan, dan kegiatan promosi.
  • Mereka masih perlu mencari lebih banyak lagi metode pengelolaan dana, karena hampir setiap bisnis melakukannya.
  • Pendiri dan tim Facebook bisa saja mendapatkan kepuasan setelah mencapai keberhasilan seperti itu, namun… mereka tampaknya tidak ingin hanya menjalankan visi Mark Zuckerberg untuk menghubungkan dunia.

Tapi alasan lain hanya bisa menjadi keinginan mereka untuk menguasai dunia media sosial dan membuat kita semua hanya menggunakan Facebook. Untuk segalanya.

Facebook telah berubah di banyak area – baik untuk brand dan para pengguna, tetapi juga dalam fitur Messenger. Beberapa perubahan telah diterapkan hanya untuk pengguna di negara-negara tertentu, beberapa diantaranya masih diuji, sehingga mudah untuk kehilangan jejak dan cenderung membingungkan. Kami telah meyiapkan daftar dengan deskripsi singkat dari perubahan yang paling penting untuk Facebook pada 2016 melalui pendapat kami.

Perubahan untuk akun brand:

1. Tampilan baru untuk Facebook Page menawarkan lebih banyak kesempatan pada tab untuk lebih terlihat (dan diklik, akhirnya!). Ini memberikan motivasi pada akun brand untuk memperbaruinya dengan beberapa informasi penting – bahkan jika Anda menggeser halaman, maka profil masih terlihat di kolom sebelah kiri, jadi sangat disayangkan jika membiarkannya tidak diperbarui. Dan juga, foto sampul dan posisi avatar telah berubah – jadi foto sampul sekarang terlihat secara menyeluruh, tidak lagi bersembunyi di balik avatar.

TIPS PRAKTIK -> Anda dapat menggunakan aplikasi eksternal untuk tab Anda – cobalah Click Apps atau Tabfoundry untuk menambahkan beberapa konten interaktif, foto dan modul seperti newsletter atau kontes. Periksa pula apakah foto sampul masih cocok – mungkin sudah saatnya untuk mengubah ukurannya?

2. Ada cara baru, sedikit organik dan bebas untuk mendapatkan lebih banyak fans. Sekarang Anda dapat mengundang orang, seperti pengguna yang menyukai postingan di Facebook Page Anda. Namun, hanya sebagai Page, bukan profil pribadi. Untuk mewujudkan sebagian besarnya, Anda harus memiliki banyak jumlah likes pada postingan Anda – dan untuk sampai ke sana, gunakanlah promosi berbayar. Kecuali semua postingan Anda sudah viral atau sangat mudah dibagikan – dan tentu saja cara ini benar-benar gratis. ?

TIPS PRAKTIK -> Cobalah untuk membuat kampanye yang berfokus pada Page Post Engagement untuk mendapatkan likes dari orang-orang yang berpotensi tertarik dengan konten Anda. Kemudian, gunakan opsi yang telah disebutkan dan undang mereka untuk menyukai Page Anda.

3. Facebook telah meningkatkan pilihan iklan mereka sepanjang waktu, mencoba untuk tetap berada di kompetisi teratas. Mereka memperbarui tujuan kampanye dan penempatan untuk promosi berbayar. Sebuah tujuan kampanye baru, “Meningkatkan Kesadaran Merek”, menggabungkan reach dan atensi yang dapat membantu Anda menemukan audiens paling reaktif. Berhubungan dengan penempatan, Facebook sedang menguji Messenger (para pengguna diarahkan langsung ke Messenger untuk ‘berbicara’ pada akun brand mengenai penawaran tersebut) dan Groups untuk  menempatkan iklan. News Feed mungkin terlihat sedikit penuh dengan iklan, sehingga langkah ini bukanlah sebuah kejutan. Begitu pula dengan Canvas sebagai pilihan penempatan iklan yang besar dan menarik, namun hanya dapat diterapkan pada versi mobile saja.

TIPS PRAKTIK -> Jika Anda memiliki banyak konten visual yang hebat, waktu luang, dan kelompok sasaran Anda terfokus pada pengguna mobile, maka cobalah membuat iklan pada Canvas. Ini akan terlihat segar, baru, modern dan akan membawa beberapa efek yang baik.

4. “Di mana jumlah likes pada Page saya?” – kata setiap Manajer Media Sosial pada beberapa waktu lalu. Jumlah likes hanya tidak tampak dan tidak terlihat pada halaman utama. Meskipun sekarang tampak menghilang dan muncul kembali, ada dan tiada, hal ini dapat menunjukkan apa yang sedang Facebook lakukan – bukan untuk mempromosikan Page, mereka ingin akun brand lebih fokus pada distribusi konten berbayar.

TIPS PRAKTIK -> Facebook likes bisa datang dan pergi dengan cepat, sehingga Anda tidak usah terlalu fokus hanya pada pencapaian jumlah pengikut berikutnya. Sebaiknya tempatkan fokus Anda pada kualitas dan engagement.

5. Facebook Live adalah salah satu fitur paling penting bagi akun brand untuk Facebook yang diperkenalkan tahun ini. Hal ini membuat akun brand memperoleh kesempatan lebih untuk berkomunikasi dengan fans mereka – dan fans benar-benar menyukainya! Facebook sedang menguji hal lain yang terhubung langsung dengan video – secepatnya akun brand akan bisa membuat jadwalnya! Mengumpulkan orang untuk mengikti webinar, konser, konferensi, atau sesi tanya-jawab – dan semua perangkat webinar akan gemetar ketakutan. Namun, masih ada ruang untuk melakukan perbaikan dalam hal ini. Di awal November, beberapa akun brand mulai menggunakan perhitungan real-time yang menyebabkan sejumlah reaksi dan engagement yang masif.

TIPS PRAKTIK -> Pikirkan tentang cara menerapkan Live Video pada tampilan akun brand Anda di Facebook. Mungkin suatu hari Anda harus menunjukkan pada audiens mengenai kehidupan brand Anda, atau beberapa menit dari peristiwa besar yang telah Anda alami?

6. Sebuah pilihan baru bagi akun brand untuk muncul di Messenger – misalnya Messenger Greetings, yang memungkinkan akun brand untuk memperkenalkan diri sebelum pengguna mengetik pesan mereka. Lalu ada Bots, yang telah berhasil diimplementasikan oleh semakin banyak akun brand dan memberikan kesan bahwa pengguna berbicara dengan orang yang sesungguhnya. Anda akan menemukan beberapa contoh besar bots di sini -> http://www.messengerchatbots.com/.

TIPS PRAKTIK -> Jika Anda belum ingin mengimplementasikan Bot, Anda dapat mengutak-atik pengaturan pada Messaging. Mereka mengizinkan Anda untuk membuat personalisasi pada Response Assistant, Messenger Greetings dan Instant replies.

Start your free trial and analyze your Facebook profile!Learn more

7. Artikel instan telah banyak berubah, tidak hanya diperuntukkan bagi akun penerbitan berita. Pengguna tidak lagi harus meninggalkan sebuah aplikasi untuk dapat merasa lebih dekat dengan konten – sekarang dapat langsung disimpan di dalam Facebook.

Perubahan untuk para pengguna

  • Newsfeed Anda sekarang lebih fokus pada relativitas dibandingkan dengan fokus pada akun brand seiring dengan perubahan algoritma. Newsfeed menunjukkan konten (dari teman) yang mungkin terlewat oleh Anda ketika sedang tidak membuka Facebook. Ini juga terlihat pada profil Anda, di kolom ‘teman’.
  • Facebook Reactions dianggap sebagai pengubah permainan ketika dirilis pada Februari 2016 (sebelumnya diuji di Irlandia dan Spanyol). Penggantian “like” dengan beberapa tombol lainnya telah disambut hangat oleh media, akun brand, dan para pengguna sehingga menjadikannya populer sejak itu.
  • Marketplace adalah satu pembaruan untuk Facebook – dan itu jelas mencerminkan strategi Facebook tentang penguasaan lebih dari sekadar media sosial, tetapi penguasaan internet secara umum – dengan perlahan ‘menghilangkan’ semua situs web iklan dan memindahkan pengguna mereka ke Facebook. Marketplace dapat dilihat sebagai persaingan untuk Gumtree, OLX, atau Craiglist – memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual dan melakukan pertukaran barang di komunitas lokal mereka. Meski baru-baru ini telah dihentikan terkait dengan tingginya daftar produk ilegal, Facebook tengah bekerja untuk memecahkan masalah ini secepatnya. Marketplace ‘digantikan’ oleh Messenger di aplikasi iOS, memindahkan Messenger ke pojok kiri atas dan menunjukkan seberapa besar perubahan yang didapatkan dari Marketplace.

  • Lebih dari 100 juta orang menggunakan Facebook Events setiap hari, dan Facebook baru saja merilis “Events from Facebook” – sebuah aplikasi yang didedikasikan untuk mengikuti dan merekomendasikan acara.
  • Baru saja diimplementasikan – sebuah kotak masuk khusus untuk Facebook, Instagram, dan Messenger yang memungkinkan Page dan akun brand untuk memiliki semua pesan di satu tempat. Ini merupakan sebuah berkah bagi akun brand besar yang berjuang dengan menggunakan beberapa aplikasi dan lompat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Satu kotak masuk akan menjadi peningkatan yang signifikan untuk kegiatan komunikasi mereka.
  • Facebook Workplace adalah hal baru yang bermanfaat, terutama bagi perusahaan yang ingin menjalankan manajer brand profesional pada Facebook. Peningkatan ini memungkinkan mereka untuk menggunakan Facebook tidak hanya untuk berkomunikasi secara ‘tidak resmi’ atau hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi juga untuk bekerja. Ini mungkin akan menggantikan Slack, menawarkan fitur termasuk live video, grup, dan menggabungkan beberapa perusahaan ke dalam proyek tertentu atau menyederhanakan pengelolaan komunitas Anda dan melaporkan efek yang Anda dapatkan.

Perubahaan lokal

(tengah diuji, kemungkinan akan segera diluncurkan)

  • Tampilan baru tata letak News Feed, dengan pembagian ke dalam kategori seperti Travel dan Relationships. Akhirnya lini masa Anda tidak akan berantakan lagi seperti dulu, dan mungkin Facebook, dengan mengujinya, mengharapkan Anda tidak akan melewatkan setiap pembaruan informasi penting di dalamnya. Termasuk iklan, tentu saja.

 

  • Messenger Day – perubahan yang memicu diskusi kontroversial pada seberapa jauh Facebook bisa melakukannya dengan menyalin fitur Snapchat ini (bagian pertama dari diskusi yang digelar saat Instagram Stories dirilis). Para pengguna awal yang dimanjakan oleh fitur ini adalah orang-orang di Polandia, dan kini juga pengguna di Australia. Secara sederhana ini memberikan kemungkinan bagi Anda untuk membuat cerita Anda sendiri dan mempublikasinnya melalui Messenger. Apa yang membedakannya dari Snapchat adalah stiker dan bukannya lensa, dan adanya kemungkinan untuk menyembunyikan cerita Anda dari pengguna yang telah dipilih.


Perubahan pada Messenger

  • Messenger bukanlah teman terbaik untuk baterai ponsel Anda, sehingga membuatnya cepat habis – bahkan ketika Messenger hanya dinyalakan pada latar belakang ponsel. Solusinya adalah Messenger Lite – versi ringan dari Messenger yang sempurna untuk perangkat berusia lebih tua dan untuk daerah dengan konektivitas yang lebih rendah, termasuk Kenya, Tunisia, Malaysia, Sri Lanka atau Venezuela, dengan lebih banyak negara lagi nantinya. Hal yang paling penting adalah mempertahankan aplikasi Messenger dengan ukuran kurang dari 10MB.
  • Perubahan lainnya untuk messenger termasuk menyesuaikan warna, “emoji utama”, dan julukan dalam aplikasi. Sekarang “sayang” Anda benar-benar bisa menjadi “Sayang”, emoji utama Anda tidak harus menjadi setting dasar, dan Anda tidak perlu bertukar pesan berwarna biru. Ini adalah perubahan kecil, tetapi jelas menyenangkan bagi banyak pengguna.

  • Message Requests – Sangat penting dan berguna jika Anda menggunakan Facebook baik untuk tujuan pribadi dan profesional. Fitur ini akan ‘menyembunyikan’ pesan dari orang-orang di luar lingkaran Anda dan mungkin bisa saja memotong beberapa tawaran kerjasama. Fitur ini tidak mudah ditemukan dalam versi desktop, tetapi Messenger tidak memperlihatkan mereka sama sekali. Sekarang fitur ini mudah diterapkan, sehingga Anda dapat bereaksi terhadap mereka kapan saja Anda inginkan.
  • Memulai percakapan seharusnya* dibuat lebih mudah dengan memindai diri Anda sendiri melalui “Scan Code” yang diberikan oleh Facebook. *benarkah?

  • Anda dapat memulai beberapa “percakapan rahasia” di Messenger versi aplikasi mobile – yang merupakan rahasia juga untuk Facebook, dan Anda dapat mengatur waktu agar pesan Anda dapat menghilang. Mereka juga tidak akan terlihat di Facebook chat.

14976250_1545949028759436_647916326_o-2

  • Messenger juga baru saja memperkenalkan pembayaran melalui aplikasi. Sekarang pengguna dapat membayar melalui Messenger tanpa dikirim ke situs eksternal, dan mereka dapat melakukannya ketika berbicara dengan salah satu dari 30.000 bot Messenger. Saat ini hanya Paypal yang dapat digunakan, tetapi menerapkan metode pembayaran lain tampaknya mungkin hanya soal waktu.

Anda mungkin menginginkan perubahan ini atau mungkin tidak, tapi ada satu yang pasti Anda yakini – bahwa Facebook belum puas. Beberapa dari mereka mudah terlihat, lainnya mungkin dianggap mengganggu atau tidak perlu, tetapi pengujian suatu hal selalu mendidik dan membantu aktivitas Anda menjadi lebih berhasil. Mark Zuckerberg mengetahui hal itu dengan baik.

Rencananya tampak sederhana – membuat Facebook menjadi satu-satunya situs yang Anda gunakan di Internet. Tidak ada lagi marketplace, tidak ada lagi situs pencarian penerbangan, tidak ada lagi membeli bahan makanan melalui situs-situs lain. Segera, Facebook dan Messenger akan mencukupi itu semua. Dan ‘segera’ ini mungkin lebih cepat dari yang Anda pikirkan.

Start your free trial and analyze your Facebook profile!Learn more